IBX5A3214FA4463E

Tips Mengatur Keuangan untuk Anda yang Hobi Belanja

Info Penting - Salah satu kegiatan yang menyenangkan ketika baru gajian adalah berbelanja. Mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari, hingga membeli barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Alhasil ketika melihat sisa gaji, hanya bisa meringis saja.

Kebiasaan belanja tentu harus dilakukan dengan menerapkan aturan yang ketat. Mengapa? Agar pos pengeluaran tidak melonjak melebihi yang seharusnya. Karena jika tidak dilakukan dengan baik dan teratur, hobi berbelanja ini justru akan menimbulkan pemborosan dalam anggaran keuangan. Seperti membeli barang yang tidak dibutuhkan. Hal ini bisa berpotensi adanya masalah keuangan dan terlilit hutang di masa depan.

Untuk menghindarinya, Anda perlu memperhatikan beberapa tips keuangan seperti berikut.

Menyusun anggaran dan menerapkannya
Jika terbiasa melakukan pemborosan, maka nantinya Anda akan menemukan masalah finansial. Sebaiknya lakukan penyusunan ulang terhadap anggaran keuangan dan terapkanlah kebijakan di dalamnya yang berguna untuk menghentikan pemborosan uang. Pekerjaan ini memang tidak mudah, karena membutuhkan perhitungan dan pertimbangan yang cermat dalam menyusun anggaran yang tepat. Jangan lupa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari secara bertahap.

Investasi sejak dini
Uang yang Anda miliki seharusnya bisa menjaga finansial di masa yang akan datang. Kondisi seperti itu akan tercapai jika Anda berinvestasi sejak dini. Anda bisa memilih investasi jangka pendek paling menguntungkan sebagai permulaan. Jika peluang bisnis investasi Anda bagus, bisa dilanjut ke investasi jangka panjang atau diversifikasi ke jenis yang lain.

Menganalisis keuangan
Lakukan analisis mengapa Anda suka belanja berlebihan. Memang tidak semua kegiatan belanja itu buruk, tapi carilah di poin mana dari kegiatan tersebut yang membuat Anda senang dan bahagia. Apakah ketika mendapatkan baju baru, atau sesederhana jalan-jalan di mal? Dengan analisis seperti ini, Anda bisa memperkecil lingkup kebiasaan belanja yang dilakukan. Jika ternyata hanya butuh jalan-jalan saja, Anda tidak perlu membawa kartu ATM dan kartu kredit yang akan memicu keinginan berbelanja. Jadi ketahui dengan baik untuk apa dan mengapa menghabiskan uang ketika berbelanja. Jika sudah dipahami dengan benar, Anda bisa mengatur dan mengontrol pengeluaran ketika berbelanja.
mekar.id