Tips Aman Berlibur ke Bali Pasca Erupsi Gunung Agung

Info Penting - Bali adalah salah satu pulau yang berada di Indonesia tepatnya di timur pulau jawa. Bali merupakan surga bagi para pecinta traveling, atau orang – orang yang memiliki hobi jalan – jalan. Begitu banyak wisata dari pemandangan laut / pantainya, kerajinannya hingga kebudayaanya. Itu sebabnya Bali menjadi destinasi favorit bagi para traveler, tidak hanya traveler dari Indonesia saja, akan tetapi tidak sedikit traveler atau wisatawan dari mancanegara yang juga menjadikannya sebagai tujuan wisata favorit.

Nah, seperti yang anda ketahui bahwa saat ini Gunung Agung di Bali telah mengalami proses erupsi. Tepatnya di kecamatan Jungutan, Kabupaten Karangasem, Bali. Dengan adanya kabar ini beberapa negara mengeluarkan Warning atau peringatan bagi warganya yang hendak merencanakan untuk berlibur ke Bali untuk berhati – hati. Bahkan ada yang melarang untuk sementara segala penerbangan yang ditujukan ke Bali, seperti negara Amerika, Australia, Singapura dan Inggris melarang warganya untuk berkunjung di sekitar gunung Agung.

Tetapi anda tidak perlu merasa takut untuk berwisata ke Bali Karena beberapa waktu lalu bapak Sutopo Purwo Nugroho yaitu Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bahwa Bali masih aman untuk wisatawan meski saat ini Gunung Agung di Bali statusnya awas. Beliau menjelaskan bahwa yang dilarang adalah melakukan aktifitas pada radius 9-12 Km dari Gunung Agung, Bali. Sehingga kalau anda ingin berlibur dengan tujuan ke Bali dan lokasi yang dituju adalah pantai Kuta misalnya maka masih aman. 

Bagi anda yang ingin berlibur Bersama keluarga ke Bali anda dapat memakai masker (penutup hidung ) untuk melindungi pernafasan anda dari debu akibat erupsi gunung Agung. Ini ada beberapa jenis masker tersebut yang umum dalam dunia kesehatan :

1. Masker biasa 
Masker jenis ini sering kita temui di sekeliling kita. Biasanya memiliki warna hijau muda dibagian luarnya dan berwarna putih dibagian dalamnya. Di dalam dunia kesehatan masker ini dikenal dengan masker bedah atau istilahnya surgical mask. Mengapa disebut masker bedah ? 
Perlu anda ketahui bahwasannya masker ini biasanya dipergunakan oleh tenaga kesehatan ketika melakukan tindakan operasi atau efektif sebagai penghalang cairan dari mulut dan hidung sehingga tidak mengkontaminasi sekeliling. Tetapi perlu diingat bahwa masker ini tidak didesain untuk menyaring partikel dan mikroorganisme yang berukuran sangat kecil, termasuk virus influenza dan bakteri turbekulosis. Oleh Karena itu, orang yang sehat tidak disarankan untuk menggunakan masker jenis ini dan cukup hanya orang yang sakit saja.

2. Masker respirator N95
Mengapa masker ini dinamakan N95 ? Karena masker jenis ini dapat menyaring partikel hingga 95% dari keseluruhan partikel yang berada di udara. Bentuk masker ini biasanya setengah bulat dan berwarna putih, terbuat dari bahan solit yang tidak mudah rusak. Pemakaiannya juga benar – benar rapat, sehingga tidak ada celah bagi udara luar untuk masuk. Masker ini merupakan alternative bagi orang sehat untuk dapat berinteraksi dengan orang yang sakit.

Demikian dua jenis masker yang umum dipergunakan dalam dunia kesehatan. Silahkan anda pilih yang mana yang sesuai dengan situasi saat anda berkunjung ke bali pasca erupsi gunung Agung.