Cara Paling Mudah Install Virtual Box untuk UNBK 2018

Info Penting - Masih tentang UNBK, seperti yang telah saya bahas di postingan sebelumnya bahwa untuk penyelenggaraan UNBK maka diperlukan sumber daya manusia yang memiliki tugas masing – masing, baik itu proktor, pengawas maupun teknisi. Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan salah satu tugas dari teknisi. Yaitu tentang tata cara menginstall dan men setting Virtual Box dan VHD untuk UNBK.
Baik, untuk yang pertama saya akan membahas tentang cara atau prosedur untuk meng-install Virtual Box (VBox). Instalasi VBox dapat dilakukan dengan cara file instalasi (offline) atau dengan cara online. Instalasi online hanya dapat dilakukan untuk host Linux saja. Dan untuk yang offline dapat dilakukan oleh sistem operasi (OS) windows baik yang 32 bit maupun yang 64 bit, dengan cara download file aplikasi VBox di bagian VirtualBox for windows hosts. Apabila VBox Offline telah didownload  maka anda dapat memulai proses instalasi dengan cara klik 2 kali atau klik kanan dan run as administrator.

Sehingga akan keluar seperti gambar berikut,

Kemudian anda dapat pilih next, hingga keluar tampilan seperti berikut,

Pada tahap ini anda dapat menentukan fitur apa saja yang akan anda install, mulai dari dukungan terhadap USB, jaringan, sampai script Phyton untuk VirtualBox API. Anda juga dapat menentukan lokasi folder VirtualBox akan diinstall. Jika sudah selesai maka kita dapat klik next untuk proses selanjutnya. Hingga keluar tampilan sebagai berikut,

Pada tahapan ini anda dapat menentukan dengan cara apa anda dapat mengakses VBox, secara cepat (shortcut) yang akan diinstall pada desktop ataukah Quick Launch Bar. Agar VBox dapat dikenal oleh system operasi maka anda dapat mengatur ektensinya dengan cara mengaktifkan Register file associations. Apabila telah selesai pengaturannya maka anda dapat memilih next untuk melanjutkan proses instalasi.

Selanjutnya, apabila telah muncul tampilan seperti diatas maka itu adalah pemberitahuan bahwa kartu jaringan atau LAN Card yang ada di computer anda akan dinonaktifkan sementara dan akan diaktifkan secara otomatis dengan tambahan LAN Card dari VBox saat telah selesai proses instalasi. Klik "yes" untuk melanjutkan proses.

Tampilan diatas menunjukkan bahwa VBox telah memiliki cukup informasi dan siap untuk diinstalasi ke dalam system computer anda. Maka, anda dapat memilih tombol install untuk memulai proses selanjutnya. Pada windows 7 atau 8, akan muncul pop-up use account control yang meminta konfirmasi apakah anda akan menginstall VBox ke dalam komputer anda seperti gambar berikut ini,

Maka anda dapat memilih "yes" untuk melanjutkan ke proses berikutnya hingga tampil seperti berikut,

Dan apa bila dalam proses instalasi muncul pertanyaan terkait keamanan system, tandai kotak konfirmasi Always trust software from “Oracle Corporation” dengan memberikan tanda centang (√), kemudian klik tombol install. Dan apabila anda menekan tombol don’t install, maka proses instalasi akan terhenti. 

Tampilan berikutnya adalah menunjukkan bahwa proses instalasi VBox telah selesai dilakukan. Maka, anda dapat memilih finish untuk mengakiri proses instalasi. Untuk membuka VBox secara langsung setelah instalasi selesai anda dapat menandai pernyataan “start oracle ……” dengan memberi tanda centang (√) pada pernyataan tersebut.

Demikian prosedur instalasi Virtual Box untuk UNBK, semoga bermanfaat.