Cara Orang Sibuk Berolahraga di Rumah

Info Penting - Tubuh atau badan kita merupakan salah satu bagian penting dalam hidup kita yang harus diperhatikan. Kadang dengan segala kesibukan yang kita miliki, kita lupa akan kesehatan tubuh kita. Sangat penting bagi kita untuk menjaga agar tubuh kita tetap bugar dan tentunya terhindar dari segala macam penyakit. Sehingga sesibuk apapun kita, maka harus ada sedikit waktu yang kita luangkan untuk berolahraga.
Berolahraga di rumah menjadi salah satu solusi jitu yang dapat kita lakukan. Tidak perlu waktu yang lama dan dengan beban berat, akan tetapi perlu dilakukan secara rutin walau hanya sebentar dan ringan atau sederhana. Gerakan olahraga yang sederhana dapat sangat efektif apabila dilakukan secara rutin. Sehingga tubuh kita dapat terjaga kesehatan dan kebugarannya. Berikut beberapa olahraga yang dapat kita lakukan dirumah :

      1. Jogging
Untuk melakukan olahraga ini anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dengan membeli treadmill agar bisa jogging dirumah. Cukup dengan memanfaatkan halaman rumah atau bagian rumah anda yang agak lapang anda dapat melakukan olahraga jenis ini.
Akan tetapi perlu anda perhatikan bahwa sebelum anda melakukan jogging anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak anda inginkan terjadi seperti halnya cedera pada otot anda. Tidak memerlukan waktu yang lama, anda cukup melakukannya secara rutin.

2. Gerakan Duduk – berdiri
Olahraga ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup menyiapkan satu buah kursi sebagai medianya. Lakukan gerakan duduk selama 3-5 detik lalu berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang sesuai dengan irama.
Saat melakukan gerakan ini, pastikan Anda duduk tanpa bersandar, posisi tubuh tegak, dengan tatapan lurus kedepan dan posisi perut ditarik kedepan. Gerakan ini berguna untuk melatih pernapasan dan melatih otot-otot kaki.

3.Naik turun tangga
Olahraga ini sangat mudah anda lakukan karena seperti halnya kegiatan yang anda lakukan setiap hari saat menaiki dan menuruni anak tangga. Anda cukup berjalan santai menaiki lalu menuruni anak tangga. Tidak perlu tangga yang panjang, cukup dilakukan dengan rutin dan berirama. Dan semakin lama tempo bisa ditambah sehingga mirip berlari kecil. Fungsi dari olahraga ini adalah melatih otot -otot kaki.





4. Push – up
Olahraga ini merupakan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena anada bisa melakukannya dimana saja dengan ruangan yang kecil sekalipun. Gerakan Pus-up dimulai dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan dengan posisi badan dan kaki tetap lurus atau tegap.
Kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap lurus. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

5. Sit – up
Sama seperti gerakan pus-up, gerakan sit-up ini juga sangat mudah dilakukan. posisi awal untuk gerakan ini adalah Anda berbaring dengan posisi kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Atau kaki bisa dalam posisi lurus, posisi tangan bisa diluruskan kedepan, disilangkan didepan dada atau di ditekuk denga posisi telapak tangan tepat di belakang kepala. 
Kemudian angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut, lalu turunkan Anda hingga seperti posisi semula. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu Anda. Gerakan ini berguna untuk melatih otot dibagian perut.

6. Bridge
Bride ini adalah salah satu olahraga yang memanfaatkan lantai sebagai medianya. Kita dapat melakukannya dengan posisi awal berbaring terlentang serta posisi tangan berada disamping badan, kemudian kita dapat menekuk lutut kita namun betis tetap harus lurus dengan telapak kaki menyentuh lantai.
Selanjutnya angkat pinggul hingga lurus dengan bahu, tahan selama 3 sampai 5 detik dan turunkan pinggul secara perlahan. Lakukan secara berulang – ulang semampu kita. Gerakan ini berguna untuk melatih otot sekitar pinggul dan otot bagian paha.

 7. Wall – sit
Olahraga ini dapat kita lakukan dengan memanfaatkan dinding yang ada dirumah kita. Kita dapat mencari dinding yang kosong , kemudian kita berdiri tegak posisi membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding. Selanjutnya kita dapat menurunkan badan kita dengan menekuk lutut kita hingga tubuh seperti posisi duduk di kursi. Setelah kira – kira 3 sampai 5 detik maka kita dapat berdiri tegap kembali.
Lakukan gerakan tersebut berulang – ulang semampu kita dengan irama atau gerakan yang sama. Fungsi dari gerakan ini adalah untuk melatih kekuatan otot perut dan otot bagian bawah tubuh.

Demikian beberapa gerakan olahraga ringan dan sederhana yang dapat dilakukan dirumah. Tetapi jangan lupa pemanasan dahulu sebelum melakukannya. Dan yang tidak kalah penting harus dilakukan dengan rutin serta perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.
Latest