Beberapa Hal Ini Tidak Boleh Anda Masukkan Dalam Kulkas. Apa Saja?

Info Penting - Berbicara mengenai menyimpan makanan, ada beberapa peraturan yang harus Anda ikuti. Peraturan ini mencakup hal-hal apa saja yang boleh atau tidak boleh Anda simpan di dalam kulkas. Mengetahui hal ini, apakah Anda secara tidak sadar selalu menyimpan seluruh barang atau makanan dalam kulkas?
Menyimpan beberapa makanan dalam kulkas padahal makanan tersebut seharusnya tak disimpan dalam area dingin bisa memperpendek jangka pemakaiannya, dan juga yang terpernting adalah mengubah rasa. Berikut adalah 7 hal utama yang seharusnya tidak Anda simpan dalam kulkas.

1.      Tomat
Ketika disimpan di dalam kulkas, buah tomat akan kehilangan rasa aslinya. Udara yang dingin bisa menghetikan proses pematangan buah tomat, dan dengan begitu, rasa segar asli yang biasa dihasilkan oleh tomat akan hilang begitu saja. Selain rasa, hal lain yang juga dapat terpengaruhi udara dalam kulkas adalah tekstur dari tomat tersebut. Tekstur tomat yang seharusnya sedikit keras dan dengan dagingnya yang segar, akan berubah menjadi layu dan berair. Hal ini juga dapat mengakibatkan tomat menjadi lebih cepat busuk. Jika sudah begitu, bau tidak sedap dari tomat ini akan menyebar ke seluruh bagian kulkas. Bukan suatu hal yang Anda inginkan, bukan? Untuk itu, Anda hanya perlu menyimpan tomat di sebuah wadah atau mangkok penyimpanan, dan letakkan mangkok tersebut di ruang terbuka. Dengan begitu, tomat takkan mudah busuk dan rasanya pun akan lebih terjaga.

2.      Kentang
Menaruh kentang di tempat bertemperatur rendah seperti kulkas akan mengubah saripati kentang menjadi gula lebih cepat. Kentang kemudian akan tampak layu dan mengkerut, sehingga tak lagi segar jika digunakan. Jadi, daripada menaruhnya di dalam kulkas, taruh saja kentang-kentang Anda dalam sebuah paper bag, dan taruh di tempat yang teduh. Perhatikan hal ini, teduh, bukan dingin. Simpan kentang-kentang ini di area yang gelap seperti di  dalam pantry atau dalam kabinet dapur. Paper bag dinilai lebih berguna daripada plastik karena kertas lebih memungkinkan kentang untuk “bernapas”, sehingga kentang takkan busuk lebih cepat.

3.      Bawang putih
Bawang putih akan dapat bertahan paling lama jika ditaruh di tempat dengan suhu 60 sampai 65 derajat dan kelembaban sedang. Menyimpn bawang putih segar dalam temperatur dingin tidak begitu disarankan karena dalam kondisi demikian, bawang putih bisa menjadi keras.




4.      Bawah merah dan bawang bombay

Hal lain yang seharusnya tidak Anda simpan dalam kulkas adalah bawang merah dan bawang bombay. Jika Anda menempatkan bawang merah dan bombay dalam lemari pendingin, lembab dan basahnya kondisi dalam kulkas bisa mengakibatkan bawang menjadi berair, lembek, dan berjamur. Cara terbaik untuk menyimpan bawang merah dan bawang putih adalah dengan menempatkannya di sebuah wadah dan taruh wadah tersebut di tempat teduh, sejuk, dan kering. Hal lain yang perlu Anda ingat adalah untuk tidak menyimpan bawang merah dan bombay di tempat Anda menyimpan kentang, karena jika disimpan secara bersamaan, keduanya akan lebih cepat busuk.

5.      Kopi

Jangan sekalipun Anda berpikir untuk menyimpan bubuk kopi di lemari pendingin! Jika Anda meletakkan kopi dalam kulkas, bubuk kopi tersebut akan kehilangan citarasanya dan meninggalkan bau kopi yang kuat pada kulkas. Hal ini dapat berdampak pada aroma makanan lain yang disimpan dalam kulkas yang sama.

6.      Madu
Selanjutnya adalah madu. Rasanya Anda tidak perlu menyimpan madu dalam kulkas, mengingat madu dapat bertahan cukup lama meski disimpan dalam temperature ruang. Pastikan saja tidak ada banyak udara yang masuk ke dalam kontainer dengan memastikan bahwa kontainer madu tersebut selalu dalam kondisi tertutup sempurna. Menaruhnya di dalam kulkas malah akan membuat madu menjadi mengkristal.
Nah, itulah beberapa hal yang tidak perlu Anda simpan dalam kulkas! Selebihnya, untuk bahan makanan lain selain yang telah tersebut di atas, Anda dapat menyimpannya dalam kulkas. Selalu pastikan bahwa kulkas Anda selalu dalam kondisi terbaik mengingat Anda sangat membutuhkannya untuk menjaga makanan lain tetap terjaga kesegarannya. Jika Anda menyadari beberapa masalah pada kulkas Anda, jangan tunda lagi untuk memperbaikinya dengan menghubungi tukang service kulkas di wilayah Anda. Seperti misalnya apabila Anda berada di wilayah Jakarta Timur, maka segera hubungi jasa servicekulkas Jakarta Timur sesegera mungkin.