Mudah Menyebut Kata atau Warnanya

Info Penting - Manusia sebagai salah satu makluk hidup yang memiliki kemampuan berfikir yang cepat dan selalu berkembang sesuai apa yang pernah dialami. Segala macam kejadian yang telah dialami oleh manusia akan tertanam di dalam otak mereka. Baik kejadian yang singkat maupun yang memiliki intensitas lebih lama.

Seperti halnya dalam hal mengingat warna. Manusia memiliki kemampuan membedakan warna hingga berjuta-juta warna. Sehingga akan sangat mudah manusia mengingat warna - warna yang pernah diketahui beserta nama atau istilahnya. Akan tetapi, hasilnya akan berbeda apabila manusia diberikan 2 jenis tantangan untuk memnyebutkan warna, berikut ilustrasinya :



              Gambar 1                                            Gambar 2

Lebih cepat yang mana anda menyebutkan nama dari warna yang ada di dalam tulisan ? pastinya lebih banya dari kita lebih cepat menyebutkan warna yang ada didalam tulisan pada gambar 1 karena antara tulisan dan warna pada gambar 1 sama atau sesuai. Sedangkan pada gambar 2 antara tulisan dan warnanya tidak sesuai.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh psikolog yang bernama J Ridle Stroop melakukan penelitian untuk mengenali bagian - bagian otak yang bekerja dalam memproses informasi tertentu. Dengan metode seperti diatas, Stroop berhasil menemukan bahwa membaca adalah proses yang rumit. Bila arti kata dikombinasi dengan pesan berlainan , misalnya warna yang berbeda, maka proses membaca mengalami interfensi. hal ini kemudian menyebabkan penundaan dan kesalahan dalam merespon bacaan.
Otak manusia memiliki bagian khusus yang bekerja untuk mengolah informasi yang berkaitan dengan bahasa, bagian ini sanggup menmbongkar kode yang disusun oleh huruf dan mengenali arti dari kata yang dibentuk oleh huruf tersebut. Bagian otak yang lain bertugas untuk mengidentifikasi warna. Misalnya, lebih mudah membaca tilisan MERAH yang tertulis dengan warna merah, dibandingkan membaca MERAH yang ditulis dengan warna biru, bukan ? Nah, ketika terjadi ketidaksinkronan antara susunan huruf dengan warna inilah, otak kemudian membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali menyingkronkan keduanya. Pada waktu terjadi konflik pengenalan kata dan warna, menurut para ahli, yang bekerja adalah otak bagian singulata anterior untuk membantu fokus.
Kebanyakan dari kita memiliki kemampuan untuk mengenali kata lebih cepat dibandingkan dengan mengenali warna. Sehingga kita lebih cepat menyebutkan kata yang tertulis dibanding warna yang ditampilkan.

First